Home > Burung Berkicau > Belibis Pengisi Suara Burung Berkicau

Belibis Pengisi Suara Burung Berkicau

Posted on by

Siapa sangka burung Belibis yang seperti itik dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menjadi master untuk pengisi suara burung berkicau (Master). Burung yang biasa dikonsumsi dan dijual dengan harga kisaran Rp. 30.000 – Rp. 70.000 tersebut kali ini laku Belibismencapai dengan harga Rp. 5.000.000 sungguh harga termahal untuk burung belibis.

Menurut Rudi Pelung, praktikus burung kicauan di Jakarta Timur, belibis memang termasuk unggas yang dapat dijadikan master. Maksudnya, suara belibis dapat ditirukan oleh burung kicauan lain—seperti murai dan anis merah—untuk kontes atau sekadar penghibur bagi pemiliknya. Namun, saat ini di pasar burung jarang ditemukan belibis dengan suara berkualitas sehingga suaranya sebagai master masih langka.

Menurut Faturahim, peternak belibis di Amuntai, Kalimantan Selatan, persentase burung belibis untuk master memang kecil. Dari 50-an ekor belibis paling hanya 1—2 ekor yang memiliki siulan nyaring dan indah. Selain sebagai master para pemburu belibis sudah melakukan seleksi suara untuk keperluan lain. Belibis yang bersuara nyaring biasanya dipakai sebagai burung pemikat untuk menangkap belibis lain.

Comments are closed.